Rabu, 17 Oktober 2018

Tiga Aspek Agar Sebuah Bisnis Benar-benar Menguntungkan

Apakah google bisnis yang menguntungkan? Tentu saja iya, karena perdetik saja, perusahaan ini meraup laba 658 Miliyar US dollar dari pendapatan total 2846 Miliyar US dollar. Uang sebanyak itu? Dalam satu detik? Tentu kita tidak pernah membayangkannya dalam hidup kita. Dengan hasil sebanyak itu, kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan. Apakah Apple juga bisnis yang menguntungkan? Saya rasa iya. Bagaimana tidak? Mereka memiliki pendapatan rata-rata 8.129 US dollar setiap detiknya. Itu setara dengan 108.432.750 rupiah dengan kurs mata uang saat ini. Fantastis bukan? Dengan penghasilan tersebut, dalam sehari kita bisa membeli 10 unit rumah tipe 36, 24 unit mobil sekelas Daihatsu Ayla, atau 217 unit smartphone Samsung Galaxy S8. Tinggal mau kita apakan barang-barang tersebut.

Jangan melihat dari Aspek keuntungan saja

Namun, jika kita melihat lebih dalam lagi, bisnis menguntungkan ternyata tidak dilihat dari aspek keuntungannya saja. Apabila anda memandang kesuksesan sebuah bisnis hanya dari labanya saja, itu berarti anda bukan seorang pebisnis sejati. Anda hanyalah orang ambisius yang gila harta. Sebuah bisnis dapat dibilang menguntungkan apabila memenuhi tiga aspek keuntungan, diantaranya adalah keuntungan secara finansial, keuntungan secara sosial, dan keuntungan dari aspek lingkungan. Bisnis-bisnis besar, hampir semuanya memperhatikan ketiga aspek tersebut, karena hal itu menjamin keberlangsungan bisnis mereka secara kontinu.

1. Keuntungan dari aspek finansial

Kita sudah membicarakan di awal paragraph tentang keuntungan finansial ini. Diakui atau tidak, tujuan sebuah bisnis didirikan pasti ingin mengejar profit. Ini selalu menjadi motivasi utama seseorang ketika mendirikan sebuah bisnis. kita tidak bisa munafik dengan bilang bisnis kita tidak mengutamakan profit, karena apa gunanya sebuah bisnis tanpa profit? Di awal kita sudah menyajikan dua contoh perusahaan berprofit tinggi yaitu google dan apple. Jadikan mereka sebagai contoh, betapa sebuah bisnis dapat menghasilkan laba sedemikian tingginya. Bahkan hitungan keuntungan mereka dalam satu detik, lebih tinggi dibandingkan pendapatan rata-rata karyawan Indonesia dalam satu tahun.

2. Keuntungan dari aspek sosial

Mengapa hal ini sangat penting? Bukankah ketika profit kita sudah tinggi, sudah bisa disebut bisnis menguntungkan? Untuk apa perlu memperhatikan keuntungan dari aspek ini? Tentu saja penting. Jika bisnis kita ingin tetap bertahan lama, maka aspek sosial harus selalu diperhitungkan. Kita bisa lihat sendiri, semua perusahaan hari ini pasti memiliki bagian CSR yang memberikan pelayanan pada masyarakat. Misalnya saja PT Djarum yang memberikan beasiswa kepada pelajar-pelajar kurang mampu di seluruh Indonesia. Kemudian PT Indofoot yang memberikan training-training bagi masyarakat tidak terdidik dan tidak terlatih, serta banyak lagi. Aspek sosial ini juga bisa dipenuhi dengan menyerap tenaga kerja di masyarakat sekitar. Dengan mempekerjakan masyarakat sekitar, impresi mereka terhadap perusahaan bersangkutan menjadi positif. Hal ini sangat penting demi kelancaran perusahaan.

3. Keuntungan dari aspek lingkungan

Jika kita baca berita, pastilah tahu apa masalah yang sedang di hadapi PT semen Indonesia di gunung Kendeng, Rembang. Benar sekali! Lingkungan. Meskipun di mana-mana pabrik semen memang merusak lingkungan, namun saya rasa PT Semen Indonesia tidak memperhatikan bahwa mereka merusak lingkungan yang notabennya menjadi mata pencahariaan utama masyarakat Kendeng. Oleh karena itu, jika suatu saat anda mendirikan sebuah perusahaan, jangan lupa memperhatikan aspek ini. Boleh sebuah bisnis mendapatkan profit, namun jangan lupa pro juga dengan lingkungan. Saat ini banyak kok, perusahaan-perusahaan yang mulai menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan. Salah satunya perusahaan Adobe corporation. Tahu kan? Vendor dari photoshop itu lho. Mereka mengadakan gerakan hemat listrik, daur ulang sampah, penghijauan dan lain sebagainya. Itulah aspek-aspek yang perlu diperhatikan untuk membuat bisnis menguntungkan. Jika suatu saat anda mendirikan sebuah perusahaan, usahakan memenuhi ketiga aspek tersebut jika ingin tetap bertahan. Sebenarnya, ada sebuah bisnis yang menguntungkan dari aspek yang pertama saja, yaitu investasi. Apalagi jika anda investasi di STAR SHARE. Perusahaan ini adalah perusahaan berbasis internet jaringan yang memberikan jasa-jasa di bidang cyber. Perusahaan ini memiliki anak perusahaan yang banyak dan jaringan perusahaan yang luas. Jika anda menanamkan uang anda di STAR SHARE melalui program STASASHI atau P2Pinvasia, itu sama halnya anda memiliki sebagian kepemilikan perusahaan ini. Itu adalah salahsatu dari 8 Jenis Bisnis Menjanjikan tahun 2018- 2019. Beberapa website atau blog telah mengulannya pada Daftar Artikel Rujukan mengenai P2Pinvasia. Jadi memang bisa dikatakan bila P2Pinvasia platform bisnis dan investasi return ribuan kali lipat setelah IPO. Bukan keuntungan saja yang ditawarkan namun beberapa pilihan investasi disertai jaminan modal kembali bila terjadi kebangkrutan pada pihak Founder. Disini keterangan selengkapnya Jaminan Keamanan Investasi (Official P2Pinvasia). Dengan begitu, anda bisa mendapatkan bagian dari laba STAR SHARE juga. Apakah anda tahu P2Pinvasia ini? Maka cari tahu jawabannya ada disini P2Pinvasia mari cari tahu.


Amanda Anggi Purwanti

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.